Sumber Data Otentik Keseluruhan Material Islami dalam Bahasa Indonesia

Sholat (Ritual Do’a Harian)


Jangan lupa membagikan artikel ini setelah membacanya

Sholat merupakan suatu hal yang menakjubkan dalam Islam dan merupakan jalan bagi Umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah. Umat Muslim melakukan sholat (beberapa orang salah menyebutkannya hanya dengan sebutan Do'a) setiap hari, 5 kali (waktu) sehari. Sholat merupakan sarana menyembah yang sebelumnya hanya dilakukan oleh para Nabi, tetapi dalam kurun waktu Muhammad, kedamaian selalu tercurah padanya, Allah mengikutsertakan seluruh pengikut Nabi terakhir ini (Muhammad, kedamaian selalu tercurah padanya) di dalam hampir seluruh group yang berbeda dan mulia.

Sholat merupakan hal terpenting kedua akan penyembahan di dalam Islam, setelah bersyahadat (deklarasi dan keyakinan) dan sering juga disebut sebagai pilar kedua dalam Islam.

Sholat diharuskan dalam penyembahan dan harus dilaksanakan 5 kali (waktu) sehari sesuai dengan waktu yang ditentukan. Sholat lima waktu ini terdiri dari saat Fajar (Subuh), segera setelah siang (Dzuhur), petang hari (Ashar), terbenam matahari (Maghrib), dan di awal malam (Isya').

Ritual pembersihan dan wudhu diwajibkan sebelum melaksanakan sholat, seperti membersihkan pakaian dan tempat sholat, dan memindahkan sepatu-sepatu. Seseorang dapat melaksanakan sholat sendiri-sendiri atau berjama'ah, di dalam rumah, di luar, dan di semua tempat yang bersih, seperti masjid, yang sebenarnya juga lebih diutamakan. Khususnya pada hari Jum'at saat siang, yang disebut sebagai Sholat Jum'at. Hal ini, juga, diwajibkan dan harus dilaksanakan di Masjid, secara berjama'ah. Sholat ini diikuti pula dengan Khutbah Jum'at, dan merupakan pengganti sholat Dzuhur.

Tidak ada hirarki otorisasi perintah di dalam Islam, tidak ada pendeta atau menteri. Sholat dapat dipimpin oleh siapa pun yang mengetahui Al-Qur'an dan dipilih oleh Jama'ah. Dia lelaki (atau perempuan, jika sholat berjama'ah semuanya perempuan) disebut sebagai Imam. Tidak ada batasan jumlah minimum pula yang disyaratkan dalam sholat berjama'ah. Sholat terdiri dari beberapa ayat dari Al-Qur'an dan sholat-sholat lainnya, diikuti dengan beberapa gerakan tubuh seperti berdiri, ruku', sujud, dan duduk. Dilafalkan dalam Bahasa Arab, sebagai Bahasa Wahyu, walaupun permohonan-permohonan pribadi (do'a) dapat dilakukan dalam bahasa masing-masing. Para penyembah menghadap Kiblat, arah Ka'bah di kota Mekkah.

Secara signifikan sholat mengharuskan seseorang untuk me-maintain terus-menerus hubungan dengan Tuhan 5 waktu sehari, yang akan membuat para penyembah mengindar dari kejahatan jika dia (lelaki/perempuan) melaksanakan sholat dengan ikhlas. Sebagai tambahan hal ini dapat menjadikan kita lebih disiplin, kesadaran akan Tuhan dan menempatkan kepercayaan hanya kepada Allah semata, dan lebih penting lagi untuk mengingat Hari Kemudian. Ketika melakukan sholat berjama'ah, hal ini juga bermanfaat untuk menjadikan komunitas yang kuat, kesamaan, dan persaudaraan.



*Report a broken link or spelling mistake

Stay Connected With Free Updates

If you cannot visit this site everyday and would like to receive our articles everyday via email, please enter your email address below!

Related Posts with Thumbnails

Related posts:

  1. Apa Yang Baik adalah Sholat
  2. Agar Khusyu’ dalam Sholat
  3. Keistimewaan sholat Dhuha
  4. Keutamaan Sholat Berjamaah di Masjid
  5. Mengapa Manusia Perlu Sholat?
LiveZilla Live Help